Dalam dunia pendidikan, globalisasi telah memicu kecenderungan dari pendidikan tatap muka yang konvensional ke arah pendidikan yang lebih terbuka (Mukhopadhyay M., 1995). Bishop G. (1989) meramalkan bahwa pendidikan masa mendatang akan bersifat luwes (flexible), terbuka, dan dapat diakses oleh siapapun juga yang memerlukan tanpa pandang faktor jenis, usia, maupun pengalaman pendidikan sebelumnya.
Pembaharuan ini selalu ada dari waktu ke waktu dan tak pernah henti. Pendidikan dan pembelajaran berbasis kompetensi merupakan contoh hasil perubahan dengan tujuan untuk meningkatkan kulitas pendidikan dan pembelajaran pada masing-masing jenjang pendidikan. Pada dasarnya Kurikulum Berbasis Kompetensi (KBK) ini hanya dilihat sebagai acuan dasar yang harus diterjemahkan lebih jauh oleh guru dengan melihat potensi masing-masing anak. Guru bertindak sebagai fasilitator dengan siswa sebagai subyek. Siswa harus aktif mempresentasikan ide-idenya, mencari solusi atas masalah yang dihadapi dan menentukan langkah-langkah yang harus diambilnya. Dengan demikian KBK menuntut agar guru tidak lagi bertumpu pada paradigma lamanya dimana dirinya sebagai pusat kegiatan dan tujuan perubahan.
Konsep belajar KBK ini sangat ditunjang oleh sebuah media pembelarajan baik yang bersifat linier seperti TV dan film maupun yang bersifat interaktif (multimedia).
Dalam hal ini peran Teknologi Informasi (TI) dalam bidang pendidikan adalah membantu memberikan informasi/pesan pendidikan kepada komponen-komponen pendidikan, baik formal maupun non formal, baik intra kurikuler maupun ekstra kurikuler. Selain memberikan pesan yang informatif, deskriptif, persuasif, motivatif, bersifat promosi, dan lain-lain, peran TI dalam bidang pendidikan diharapkan lebih menukik lagi pada nilai-nilai pedagogi.
Dari segi media atau bahan ajar di kelas, saat ini dikembangkan bahan ajar yang dikenal dengan multimedia pembelajaran dangan alat bantu komputer. Pembelajaran dengan menggunakan multimedia memiliki keuntungan, yaitu:
Adanya fenomena di atas, menuntut guru sebagai pengajar dan pendidik untuk dapat menguasai Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK). Bagi guru, pengusaan teknologi ini dapat dimanfaatkan tidak hanya untuk mengakses informasi, akan tetapi juga untuk membuat bahan ajar.
Tag Cloud
Blogumulus by Roy Tanck and Amanda Fazani
VIDEO
Live Traffic
Beta Pung Tamang
Recent Readers
PENINGKATAN SDM GURU/DOSEN
11.08.2009
at 10:44
Labels: Pendidikan
blog comments powered by Disqus