Bahaya Kantong Kresek

3.25.2010

Setiap hari sabtu, saya selalu menyempatkan diri ke pasar, mall atau swalayan untuk bebelanja atau hanya sekedar jalan-jalan. Ketika pulang dengan beberapa belanjaan pasti ada kantong kresek yang dijinjin. Saya rasa bukan cuman saya aja yang alami hal seperti ini, pasti Anda juga :)

Ke pasar ikan pulangnya bawa kresek, ke toko buku pulangnya bawa kresek, ke butik pulangnya bawa kresek, ke swalayan pulangnya bawa kresek dan masih banyak yang lain. bayangkan 1 orang pulang bawa 1 tas kresek pwe hari dikali jumlah orang di pasar. wah...!! *tidak tahu hitung soalnya tidak tahu jumlah orang di pasar :)*
Apa yang terjadi dengan tanah tempat kita pijak? Soalnya kantong kresek tidak dapat diuraikan oleh bakteri dalam tanah, dibakar pun membawa dampak yang tidak baik untuk kesehatan. Menurut pemberitaan di kompas, penggunaan tas kresek berwarna sangat berbahaya bagi kesehatan jika digunakan untuk mewadahi makanan siap saji.
Memang kita sulit untuk menghilangkan penggunaan tas kresek. Misalnya; bli ikan basah di pasar trus kita pulangnya naik angkot. Kalo menggunakan tas dari bahan kertas maka kita pasti akan mengotori lantai angkot dengan ceceran air iakn yang amis. Namun untuk di mall, swalayan, toko buku dan toko-toko yang tidak menjual bahan yang basah, bisa menggunakan tas berbahan kertas. Tapi kenapa ya sulit skali dapat tas berbahan kertas di Ambon?

Banyak kampanye yang dilakukan oleh LSM/Pemerintah terkait tas kresek namun smuanya hanya retorika kampanye. Buktinya, penggunaan tas kresek masih tetap banyak. Menurut saya jika pendekatan persuasif dalam meminimalkan penggunaan tas kresek tidak maksimal, saya rasa pemerintah daerah harus berani bersikap untuk menegur toko-toko yang tidak menjual bahan yang basah untuk tidak menggunakannya. Bila perlu harus dengan peraturan walikota/bupati.

TIPS; Mulailah dari diri kita untuk mengurangi penggunaan tas kresek 1 kantong per hari maka kita dapat mengurangi 365 kantong per tahun. Jika di kota Ambon ada 100 ribu penduduk maka kita dapat mengurangi 36,5 juta kantong per tahun.

blog comments powered by Disqus
 
 
 

Recent Comments

Recent Post

Term of Use

Tulisan di Blog ini adalah benar-benar dari pengalaman dan opini pribadi. Tulisan yang lain selalu disertai sumbernya. Hal-hal yang dianggap tidak benar dan menyinggung adalah karena keterbatasan saya semata. Silahkan beri komentar, kritik, saran terhadap postingan/artikel yang saya tulis. Saya berhak untuk menghapus atau tidak menampilkan komentar Anda di blog ini. Komentar yang tercantum di blog ini adalah tanggung jawab masing-masing pemberi komentar.

 
Copyright © semmy