Penanganan Sampah Kota Ambon (2)

3.29.2010

Setelah sosialisasi Perwali No. 66 Tahun 2009 tersebut, PTD Provinsi Maluku bekerja sama dengan Dinas Kebersihan dan Pertamanan Kota Ambon membuat program percontohan penanganan samapah terhadap 10 RT terpilih, program tersebut diberi nama "Pilot Project Pengelolaan Sampah Berbasis Masyarakat". 10 RT tersebut yaitu; RT 01 RW 02 kelurahan Batu Gajah, RT 06 RW 06 kelurahan Batu Meja, RT 01 RW 01 Desa Batu Merah, RT 011 RW 04 kelurahan Honipopu, RT 02 RW 03 kelurahan Uritetu, kelurahan Waihaong, RT 02 RW 05 kelurahan Kuda Mati, RT 02 RW 02 kelurahan Rijali, RT 01,02,03 RW 02 kelurahan Silale, RT 01 RW 01 kelurahan Urimesing.
Aktifitas dalam Pilot Project terdiri atas beberapa hal yang terperinci sebagai berikut :

  • Rapat kerja persiapan
    Kegiatan ini dimaksud untuk merencanakan strategi dan waktu dari setiap rencana kerja agar mencapai hasil yang optimal sesuai rencana.


  • Koordinasi lapangan
    Hal ini dimaksud untuk menyiapkan segala sesuatunya termasuk menyiapkan aparat pemerintah di level paling bawah dan juga menyiapkan masyarakat sebelum dan selama project berjalan.

  • Musyawarah
    Kegiatan ini didesain untuk memberi ruang kepada masyarakat target untuk merencanakan sendiri secara partisipatif tentang project pengelolaan sampah berbasis komunitas yang akan dilaksanakan.

  • Pengawasan & monitoring pelaksanaan
    Kegiatan ini dimasksud untuk memantau setiap perkembangan yang terjadi dalam masa implementasi project sekaligus memberikan dukungan dan pendampingan langsung kepada masyarakat target.

  • Kampanye kesadaran masyarakat
    Hal ini penting untuk membangun pemahaman dan kesadaran masyarakat dalam upaya pengelolaan samapah di rumah tangga maupun dilingkungannya serta membangun tanggung jawab baik individu maupun kolektif atas kebersihan lingkungan serta tanggung jawab bersama sebagai warga kota Ambon dalam mewujudkan cita-cita Ambon bersih dan hijau.

  • Praktek pembuatan kompos
    Bertujuan untuk memberi pengetahuan dan keterampilan sebagai proses transfer teknologi kepada masyarakat terkait dengan pengelolaan yang dihasilkannya melalui cara-cara sederhana yang ramah lingkungan.

  • Pembuatan papan himbauan dan Media kampanye lain
    Untuk mengarahkan masyarakat untuk menjaga lingkungan yang bersih dan sehat melalui tertib buang sampah dan jaga lingkungan bersih.


  • Pengadaan gerobak dan perlengkapannya
    Merupakan sarana yang disiapkan kepada masyarakat yang pengelolaannya melalui sebuah mekanisme yang disepakati bersama dalam sebuah musyawarah RT.


  • blog comments powered by Disqus
     
     
     

    Recent Comments

    Recent Post

    Term of Use

    Tulisan di Blog ini adalah benar-benar dari pengalaman dan opini pribadi. Tulisan yang lain selalu disertai sumbernya. Hal-hal yang dianggap tidak benar dan menyinggung adalah karena keterbatasan saya semata. Silahkan beri komentar, kritik, saran terhadap postingan/artikel yang saya tulis. Saya berhak untuk menghapus atau tidak menampilkan komentar Anda di blog ini. Komentar yang tercantum di blog ini adalah tanggung jawab masing-masing pemberi komentar.

     
    Copyright © semmy