Penanganan Sampah Kota Ambon (3)

3.29.2010

Pilot Project Pengelolaan Sampah Berbasis Masyarakat sementara berjalan di 11 Kelurahan di Kota Ambon, semuanya berawal dari diterbitkannya Perwali No. 66 Tahun 2009 tentang Kesadaran Masyarakat dalam Pengelolaan Sampah. Sejalan dengan hal tersebut PTD Provinsi Maluku terus melangkah dalam penanganan sampah (Lingkungan), kali ini melalui jalur pendidikan.
Setelah ditetapkannya Standar ISO oleh Badan Standar Nasional Pendidikan (BSNP) bagi setiap jenjang pendidikan berdasarkan Peraturan Menteri Pendidikan Nasional Nomor 22 Tahun 2006, maka Penerapan Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP) pada setiap sekolah harus segera dilakukan.
Dalam struktur program dalam KTSP untuk setiap jenjang pendidikan telah diberikan ruang dan waktu agar dapat menerapkan materi pelajaran muatan lokal yang sesuai dengan kontekstual dan budala lokal.
Salah satu bidang muatan lokal yang perlu dikembangkan pada setiap sekolah adalah pendidikan lingkungan hidup atau Sekolah Berbudaya Lingkungan (SBL) yang merupakan model pengembangan kultur Sekolah Sehat.
Untuk itu diperlukan penyusunan kurikulum muatan lokal dalam masalah lingkungan hidup dan kesehatan sebagai suatu instrument pembelajaran siswa di sekolah.

Bekerja sama dengan Dinas Pendidikan dan Olahraga Kota Ambon, PTD melakukan Penyusunan dan implementasi Kurikulum Muatan Lokal tentang budaya lingkungan bersih pada tingkat SD, SMP dan SMA melalui 4 kegiatan yaitu;

  1. Lokakarya penggalian ide penyusunan kurikulum Sekolah Berbasis Lingkungan
  2. Pengembangan kurikulum Sekolah Berbasis Lingkungan
  3. Seminar kurikulum Sekolah Berbasis Lingkungan, dan
  4. TOT Penerapan Buku Ajar Sekolah Berbasis Lingkungan

Membutuhkan waktu yang tidak sedikit dalam menyusun Buku Ajar Sekolah Berbasis Lingkungan, namun oleh kerja sama Tim Penulis yang solid dan dukungan penuh dari Walikota Ambon makan Buku Ajar Sekolah Berbasis Lingkungan ini dapat terealisasi dengan baik. Buku dengan judul "Pengelolaan dan Pemanfaatan Sampah" yang cover-nya didominasi oleh warna hijau telah terbit dengan nomor ISBN masing-masing SD, SMP dan SMA adalah: 978-602-95373-2-1, 978-602-95373-3-8, 978-602-95373-4-5.
Dukungan dari Walikota Ambon terhadap penyusunan dan penertbitan buku ini selain dengan Kata Sambutan dari Walikota di setiap buku juga melalui penerbitan Peraturan Walikota No. 02 Tahun 2010 tentang Muatan Lokal Kurikulum Pendidikan Dasar dan Menengah.

blog comments powered by Disqus
 
 
 

Recent Comments

Recent Post

Term of Use

Tulisan di Blog ini adalah benar-benar dari pengalaman dan opini pribadi. Tulisan yang lain selalu disertai sumbernya. Hal-hal yang dianggap tidak benar dan menyinggung adalah karena keterbatasan saya semata. Silahkan beri komentar, kritik, saran terhadap postingan/artikel yang saya tulis. Saya berhak untuk menghapus atau tidak menampilkan komentar Anda di blog ini. Komentar yang tercantum di blog ini adalah tanggung jawab masing-masing pemberi komentar.

 
Copyright © semmy